Buku ~ Jalan Terjal NU Tolitoli

ALHAMDULILLAH, di tengah rutinitas sebagai pekerja media saya sempat menata kembali beberapa serpihan tulisan seputar Nahdlatul Ulama (NU) di Tolitoli, Sulawesi Tengah. Kumpulan tulisan ini berangkat dari geliat keseharian warga NU di daerah itu serta sentuhannya dengan akar tradisi-tradisi NU.

Tolitoli menjadi perhatian saya karena di daerah ini termasuk salah satu daerah yang memiliki basis organisasi keagamaan, seperti Alkhairaat dan Darul Dakwah wal Isryad (DDI). Dua organisasi ini adalah repsentasi dari ‘rumah’ besar bernama NU. Sekolah-sekolah berbasis Islam Alkhairaat dan DDI di daerah itu masih tetap eksis, bahkan sudah banyak melahirkan generasi cendekiawan yang kini aktif di dunia akademis dan dunia dakwah. Sumbangsih mereka dalam mendidik generasi muda pantas dihargai dan diberi tempat yang terhormat dalam dunia pendidikan.

Di balik kemajuan itu masih banyak masyarakat berkultur NU yang berciri masyarakat agraris hidup dalam garis keterbelakangan. Terbelakang dari akses pasar produksi pertanian, ekonomi, alat-alat produksi pertanian, dan hak-hak politiknya. Dalam posisi seperti itu peran NU sangat dibutuhkan dalam memberikan pencerahan berbagai aspek termasuk menyelamatkan generasi dari ancaman budaya global salah satunya memperkuat tradisi yang bernilai baik. NU sebaiknya mengambil peran strategis terdepan dalam mengurus masalah-masalah keumatan. selengkapnya baca di sini

One thought on “Buku ~ Jalan Terjal NU Tolitoli

  1. nusetendo 14 Maret 2011 / 10:05 am

    Ass Wr Wb
    Salam silaturahim, kami dari pengurus NU Setendo Banyuwangi Jawa Timur menyampaikan salam kenal kepada semua warga nahdiyin ditoli toli semoga anda tetap Istiqomah didalam mengamalkan ajaran Ahlussunnah waljamah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s