Nasihat Dari Ami Gez

Oleh Adha Nadjemuddin

Ami Gez, begitu kami memanggilnya. Suatu ketika di warung kopi dalam sebuah debat menjelang pilkada serentak dia berujar “banyak orang sudah merasa seperti bambu padahal sesungguhnya dia masih rebung”.

Bambu itu menjadi kuat dan mengakar melalui proses tumbuh. Bermula dari rebung, tumbuh seperti umbi yang sangat lunak. Belum memiliki kekuatan yang cukup untuk tumbuh berdiri di atas kakinya sendiri. Akarnya pun masih sangat sedikit dan masih menumpang di akar induknya.

Rebung yang mudah, kapan waktu bisa saja mati sebelum menjadi bambu. Bisa juga mati karena dijadikan sayur. Enak sekali rasanya jika dimasak santan.

Rebung yang terawat baik oleh alam sekitar tumbuh melalui proses waktu, terpaan angin, sinar matahari dan tumbuh di antara gesekan-gesekan induknya barulah rebung itu bisa bertahan hingga akhirnya menjadi bambu. Ia tumbuh menjulang dan kokoh meski angin sekencang apapun tidak mampu menumbangkannya. Daun-daunnya yang bergesekan pun melahirkan bunyi indah. Akarnya pun sudah menjalar kemana-mana.

Itulah bambu yang tumbuh, besar dan menjulang tinggi, lahir dari proses waktu. Tumbuhnya tidak dengan simsalabim abra-kadabra.

Bambu yang tumbuh besar dan kokoh, tidak mematikan generasinya. Tidak saling memakan. Sebaliknya mereka saling memberi kesempatan untuk saling tumbuh, berdiri berjejer menjadi pelindung, menjadi penahan abrasi, penahan angin, bahkan bisa menjadi pagar bahkan kursi. Mereka rela jadi apapun, namun tetap mengusung namanya sebagai bambu.

Jika bambu yang sudah kokoh saja tidak menyombongkan dirinya, kenapa justru rebung yang belum berkekuatan apa-apa sudah ingin seperti bambu.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s